Kamis, 10 April 2014

415. Menjaga Keharmonisan Keluarga



Perkawinan adalah suatu ikatan suci yang harus dijaga keharmonisannya. Menurut Mark Goulston MD mengatakan bahwa harmonis tidaknya sebuah rumah tangga seringkali ditentukan oleh kebiasaan-kebiasaan kecil yang sering terabaikan.
Ada 10 macam kebiasaan yang dianjurkan Goulston untuk tetap dilakukan oleh pasangan menikah, yaitu :

Pergi tidur bersama-sama
Ingatkah Anda pada masa awal pernikahan, ketika Anda berdua tak sabar masuk ke kamar tidur berdua untuk bercinta?. Setelah usia pernikahan Anda menginjak dua tiga tahun berlalu, kemungkinan besar hasrat itu sudah makin berkurang. Bahkan, godaan untuk melakukan hal-hal lain sementara pasangan Anda tidur jadi lebih besar. Pasangan yang harmonis, selalu berusaha pergi tidur dengan pasangan bersama-sama.

Mengembangkan minat yang sama
Setelah usai pernikahan Anda semakin lama, mungkin akan Anda sadari semakin sedikit persamaan diantara Anda berdua. Karena itu, jika ada satu saja minat Anda berdua yang sama, kembangkanlah minat tersebut dan lakukan kegiatan itu bersama-sama.

Berjalan bersama dengan bergandengan
Pasangan yang bahagia, selalu berusaha berjalan sambil bergandengan tangan. Soalnya, mereka lebih mementingkan kebersamaan daripada minta pribadi.

Percaya dan Memaafkan
Pasangan yang harmonis biasanya menjadikan sikap percaya mereka sebagai sikap standar. Ketika suatu saat pasangannya berbuat salah, mereka suka memberi maaf, dan berusaha tetap mempercayai pasangannya. Begitu juga ketika mereka berselisih paham, dan tidak menemukan kata sepakat.

Selalu melihat kebaikan pasangan
Jika Anda selalu memfokuskan perhatian pada kesalahan yang dilakukan pasangannya, Anda pasti kecewa karena pasti ada saja yang salah. Karena itu, fokuskan saja pada hal-hal positif yang dilakukan pasangan. Anda akan lebih bahagia, karena pasti ada saja hal positif yang dilakukan pasangan.

Berpelukan saat bertemu
Peluklah pasangan ketika Anda berdua bertemu kembali setelah pulang bekerja. Kata Goulston, kulit kita memiliki ' ingatan ' tentang sentuhan yang menyenangkan (cinta), sentuhan yang tidak menyenangkan (disakiti), atau absennya sentuhan. Pasangan yang selalu mengawali pertemuan dengan pelukan memberi rangsangan menyenangkan secara langsung pada kulit, yang bisa memberi semangat pada Anda berdua.

Sering menyatakan cinta
Mulai pagi hari Anda berdua bisa mengatakan ' aku cinta kamu ' atau ' selamat bekerja ' ketika pasangan akan berangkat kerja. Walau kelihatan remeh, tapi bisa memberi pasangan Anda kesabaran dan ketabahan menghadapi perjuangannya hari itu.

Mengucapkan ' selamat tidur '
Mungkin pasangan Anda akan menganggap basi kebiasaan itu, padahal jika Anda ucapkan setiap malam, tak peduli bagaimana perasaan Anda atau bahkan saat Anda berdua sedang bertengkar, akan menunjukkan bahwa Anda peduli dengannya dan sangat menghargai hubungan Anda.

Menanyakan kabarnya setiap hari
Telepon pasangan Anda di rumah atau di kantor untuk menanyakan bagaimana kabarnya setiap hari. Kebiasaan ini membuat Anda mengetahui bagaimana keadaan emosional pasangan pada hari itu, sehingga ketika bertemu dengan pasangan nanti Anda sudah punya bayangan suasana hatinya, atau bagaimana reaksinya terhadap Anda nanti. Tetapi, jangan juga menelpon sampai beberapa kali karena justru akan mengganggunya.

Bangga ketika bersama pasangan
Pasangan yang bahagia biasanya merasa bangga jika sedang bersama pasangannya. Karena itu, mereka sering tampil di depan umum, seperti dalam pesta, misalnya, mereka tampak mesra dan bergandengan tangan. Mereka juga merasa nyaman jika sedang bersama, dan menunjukkan sikap mesra bukan untuk pamer, melainkan untuk saling mengatakan pada diri mereka sendiri bahwa mereka saling menyayangi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar