Senin, 14 Desember 2015

519. Membalas Kebencian Dengan Kebajikan Bak Pohon Mangga

Adakah orang yang membenci anda? Adakah orang yang sirik dengan keberhasilan anda? Atau mungkin pernahkah anda merasa ada orang yang selalu menghambat sukses anda? Ya mungkin kita pernah mengalaminya. Mungkin kita pernah dicaci atau dijelek-jelekkan orang lain. Bagaimana sebaiknya respon kita? Jawabannya adalah selalu berpikir positif dan merasa selalu positif atas segala input negatif dari sekeliling & jadikan sebagai feed back untuk selalu berbuat yang terbaik dan bermanfaat bagi semua makhluk. Lihat pohon mangga ....

Pohon mangga mempunyai filosofi yang luar biasa. Apa luar biasanya pohon mangga? Ya pohon mangga pasti akan memberikan buahnya kepada siapa saja. Bagi orang yang merawat, memberi pupuk, menyiram dan seterusnya pastilah ia akan memberikan buahnya. Bagi orang yang menyayanginya, bagi orang yang mendukung pohon mangga untuk terus tumbuh dan berkembang, pastilah ia akan membalasnya dengan memberikan buahnya.

Demikian juga bagi orang-orang yang hanya ingin memiliki buahnya dengan berbuat merusak, dengan melempar batu, si pohon mangga tidak pernah membalas dengan melemparkan batu atau batangnya kepada si pelempar, tetapi ia juga akan membalas lemparan itu dengan memberikan buahnya.

Sungguh luar biasa si pohon mangga, ia tidak pernah merespon negatif atas perbuatan yang merugikan dirinya. Pohon mangga bisa selalu memanage dirinya untuk selalu positif merespon apapun kondisi yang menimpa dirinya. Bahkan ia membalas sebuah kebencian dengan kebajikan, sebagaimana lemparan batu yang dibalas dengan buah mangga.


Bagaimana dengan kita?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar